Al-Baqarah 285 – 286

by ipunkk on May 1, 2010

Hari ini Gw Kuliah IDI (Ilmu Dasar Islam) di UNPAS. Materi yang keren menurut Gw. Matkul yang Keren Karena Dosennya Keren Pisan, Menerangkan Secara tertib dan teratur, Menghubungkannya dengan Duniat Information Technology. Kali ini ngebahas Tentang Surat Al- Baqarah 285 – 286.

Ayat yang sering di bacain ma Imam Setiap Solat SHubuh di Mesjid. Ternyata Maknanya.  Mengenai Iman-Islam-Ihsan. Elu tau Ihsan? Ihsan itu kita hidup di dunia ini seperti melihat Allah SWT, jika gak bisa Kita dilihat Allah SWT. Semua yang kita lakuin tentunya di lihat dan tercatat dengan rapih dan sempurna Oleh Malaikat di Kanan kiri ELu elu semua termasuk Gw Juga tentunya. Hubungan nnya dengan Ayat Al-Baqarah yaitu….

“Rasul telah beriman kepada Al Qur’an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami ta`at”. (Mereka berdo`a): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”.”

Gw Copas Dari Al-Quran ON-Line

ASBABUN NUZUL :

285 . Diriwayatkan oleh Ahmad, Muslim dan lain-lainnya dari Abu Hurairah, katanya, “Tatkala turun ayat, ‘Dan jika kamu melahirkan apa yang terdapat dalam dadamu atau menyembunyikannya, pastilah akan dihisab oleh Allah.’ (Q.S. Al-Baqarah 284) sungguh terasa berat oleh para sahabat. Mereka datang kepada Rasulullah saw. lalu bersimpuh di atas kedua lutut mereka, kata mereka, ‘Ayat ini telah diturunkan kepada baginda, tetapi kami tidak sanggup memikulnya’, maka Rasulullah saw. bertanya, ‘Apakah kalian hendak mengatakan seperti apa yang diucapkan oleh Ahli Kitab yang sebelum kalian, ‘Kami dengar dan kami langgar?’ hendaklah kalian ucapkan, ‘Kami dengar dan kami patuhi. Ampunilah kami wahai Tuhan kami dan kepada-Mu kami akan kembali.’ Setelah orang-orang itu berusaha membacanya hingga lidah-lidah mereka pun menjadi lunak karenanya, maka Allah pun menurunkan di belakangnya, ‘Rasul telah beriman…’ (Q.S. Al-Baqarah 285) Sesudah itu ayat tadi dinasakhkan oleh Allah dengan menurunkan, ‘Allah tidak membebani seseorang kecuali menurut kemampuannya…’” (Q.S. Al-Baqarah 286) Muslim dan lain-lain meriwayatkan pula seperti di atas dari Ibnu Abbas.

286. Diriwayatkan oleh Ahmad, Muslim dan lain-lainnya dari Abu Hurairah, katanya, “Tatkala turun ayat, ‘Dan jika kamu melahirkan apa yang terdapat dalam dadamu atau menyembunyikannya, pastilah akan dihisab oleh Allah.’ (Q.S. Al-Baqarah 284) sungguh terasa berat oleh para sahabat. Mereka datang kepada Rasulullah saw. lalu bersimpuh di atas kedua lutut mereka, kata mereka, ‘Ayat ini telah diturunkan kepada baginda, tetapi kami tidak sanggup memikulnya’, maka Rasulullah saw. bertanya, ‘Apakah kalian hendak mengatakan seperti apa yang diucapkan oleh Ahli Kitab yang sebelum kalian, ‘Kami dengar dan kami langgar?’ hendaklah kalian ucapkan, ‘Kami dengar dan kami patuhi. Ampunilah kami wahai Tuhan kami dan kepada-Mu kami akan kembali.’ Setelah orang-orang itu berusaha membacanya hingga lidah-lidah mereka pun menjadi lunak karenanya, maka Allah pun menurunkan di belakangnya, ‘Rasul telah beriman…’ (Q.S. Al-Baqarah 285) Sesudah itu ayat tadi dinasakhkan oleh Allah dengan menurunkan, ‘Allah tidak membebani seseorang kecuali menurut kemampuannya…’” (Q.S. Al-Baqarah 286) Muslim dan lain-lain meriwayatkan pula seperti di atas dari Ibnu Abbas.

Menurut Dosen Gw, Fokus ke “Kami Mendengar dan Kami Taat”, Mendengar berfungsi untuk menyadir, memahami apa yang di dengar. Yaitu Alqur’an, Alam Semesta, dan seluruh ciptaan Allah SWT. agar memahami dan tau bahwa ada Sang Maha yang menciptakan kita dan seluruh alam semesta. Agar menimbulkan Ihsan.  Dengan Ihsan Kita Bisa Taat semua Perintah Allah SWT.

Menurut Hadist,,  “Barangsiapa membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka cukuplah baginya.” . Naahh, Sudah kan Elu Baca ayat ini setiap Masuk Malam Hari?? Gw Belum,, Mulai Malam Ini,, bakal Gw Coba.

Semoga Bermanfaat.

Leave a Comment

Previous post:

Next post: